BAB 9


KECERDASAN BUATAN 

¢  Dasar Artificial Intelligence (AI)
v  Pada dasarnya AI adalah suatu pengetahuan yang membuat komputer dapat meniru kecerdasan manusia sehingga diharapkan komputer dapat melakukan hal-hal yang apabila dikerjakan manusia memerlukan kecerdasan.
v  Misalnya : melakukan penalaran untuk mencapai suatu kesimpulan atau melakukan translasi dari satu bahasa manusia ke bahasa manusia yang lain.
v  Tujuan AI meliputi :
            1. membuat mesin lebih pintar
            2. memahami kecerdasan
            3. membuat mesin lebih berguna

¢ Atribut perilaku cerdas adalah sbb :
v Berpikir dan bernalar
v Memakai penalaran untuk memecahkan persoalan
v Menyerap dan menerapkan pengetahuan
v Memperlihatkan kreatifitas dan imajinasi
v Bekerja dengan situasi yang kompleks dan membingungkan.
v Melakukan tanggapan dengan cepat dan berhasil terhadap situasi baru.
v Mengenali elemen-elemen yang relatif penting dalam suatu situasi.
v Menangani informasi yang rancu, tidak lengkap atau salah. 

¢  Perbandingan Kecerdasan Buatan dengan Kecerdasan Manusia
v  AI lebih permanen.
v  AI menawarkan kemudahan untuk digandakan dan disebarkan.
v  AI dapat lebih mudah daripada kecerdasan alami.
v  AI bersifat konsisten dan teliti.
v  AI dapat didokumentasikan.
¢  Bidang-bidang Aplikasi AI

 

¢  AI telah perpergunakan untuk:
v  membuat aplikasi komputer yang sangat mudah bagi pemakai.
v  meningkatkan pemecahan masalah secara cepat dan konsisten.
v  membantu menyelesaikan masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan cara konvensional.
v  membantu menyelesaikan masalah yang mengandung data yang tidak lengkap atau kurang  jelas.
v  menangani informasi yang berlebihan.
v  meningkatkan produktifitas dalam melaksanakan banyak tugas.
v  membantu melaksanakan pencarian data atau suatu pola berdasarkan jumlah data yang sangat besar.

¢  Beberapa contoh penerapan AI:
v  Deep Blue adalah program catur yang pada thn 1997 dapat mengalahkan pecatur dunia dengan    kedudukan 3,5-2,5;
v  Delco Elektronics menciptakan sebuah mobil yang dapat mengemudikan sendiri     (menggunakan pendeteksi tepi untuk tetap bertahan dijalan);
v  SYSTRAN adalah perangkat lunak yang dapat dipakai untuk melakukan penerjemahan     bahasa yaitu jerman,perancis italia, jepang, korea, rusia, portugis, dan spayol;
v  Dan lain-lain.

¢  Pengelompokkan Aplikasi AI:
v Pengelohan Bahasa Alami:
o  adalah bidang AI yang berurusan dengan pemahaman bahasa manusia.
o  contoh: aplikasi SYSTRAN
v Visi Komputer
o  adalah persepsi visual dan pengenalan gambar untuk pengambilan keputusan.
o  contoh: image processing (pengolahan citra).
v Pengenalan Percakapan
o  adalah suatu proses yang memungkinkan komputer dapat mengenali suara.
o  contoh: Hospital Corporation of America membuat aplikasi untuk mengirimkan dan menerima data pasien dengan suara.
v Robotika
o  adalah peranti elektromekanik yang dapat diprogram untuk melakukan otomasi terhadap suara tugas yang biasanya dilakukan manusia.
o  contoh: RoboCup, adalah robot berbasis AI yang dapat bermain sepak bola.
v Sistem Pakar
o  adalah sistem yang meniru kepakaran (keahlian) seseorang dalam bidang tertentu. Atau disebut juga sistem berbasis pengetahuan.
o  contoh: REBES, adalah sistem pakar yang membantu detektif menangani masalah kejahatan.
v Logika Kabur
o  adalah suatu teknik yang digunakan untuk menangani ketidakpastian pada masala-masalah yang memiliki banyak jawaban.
o  contoh: sistem pengereman mobil.
v Jaringan Saraf
o  adalah suatu bidang AI yang meniru pola pemrosesan dalam otak manusia yang berbasiskan pada pengenalan pola.
o  contoh: data mining (yaitu menemukan pola pada sekumpulan data yang besar)
v Algoritma Genetika
o  adalah pendekatan yang meniru kemampuan mahluk hidup dalam beradaptasi dengan lingkungan, sehingga terbentuk proses evolusi untuk mengatasi masalah dengan lebih baik.
o  contoh:  Algoritma genetika untuk mengidentifikasi tersangka berdasarkan gambar rekaan dari saksi.
v Sistem Al Hibrida
o  atau sistem cerdas adalah sistem yang menggabungkan beberapa teknologi AI untuk memanfaatkan atau memadukan keunggulan masing-masing teknologi.
o  contoh: Neurofuzzy (menggabungkan pemakaian jaringan saraf dan logika kabur.
v Agen Cerdas
o  adalah perangkat lunak yang dapat bertindak seperti orang yang mampu berintekrasi dengan lingkungan.
o  contoh: Agen sistem operasi (membantu penggunaan sistem operasi).

 


Comments

Popular posts from this blog

Cara menambah lokasi baru di google maps

Pertemuan IV, V VI VII

BAB 3